Selasa, 23 Desember 2014

CONTOH KASUS BENTURAN KEPENTINGAN



CONTOH KASUS BENTURAN KEPENTINGAN
Conflict of Interest sendiri terjadi bila karyawan & pimpinan perusahaan/ individu memiliki, secara langsung maupun tidak langsung kepentingan pribadi didalam mengambil suatu keputusan, dimana keputusan tersebut seharusnya diambil secara obyektif, bebas dari keraguan-keraguan dan demi kepentingan terbaik dari perusahaan atau individu.
Jenis konflik interest dibagi menjadi 3:
1.      Konflik of interest real
merupakan benturan kepentingan yang timbul diakibatkan jika aksi dan motivasi yang tidak tepat terjadi.
Contoh kasus :
a.       Kasus Mesuji Lampung
Kasus pembantaian warga Kecamatan Mesuji, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan masih menjadi kontroversi. Sejumlah kalangan meragukan kasus pembantaian tersebut. Wakil Ketua Komisi Pertahanan DPR Tubagus Hasanuddin menilai video pembantaian warga itu janggal. Pertama, Tubagus tidak yakin video itu diambil di Mesuji. Selain itu, dia berpendapat warga tidak mungkin merekam tindakan keji.
Kejanggalan kedua, Kata Tubagus, mengapa kasus pembantaian puluhan orang baru dilaporkan saat ini. "Kok tidak dari sekian bulan lalu, Itu kan sesuatu yang khusus," katanya. Senada hal itu, Anggota DPR asal daerah pemilihan Lampung, Ahmad Muzani juga mengatakan, bila memang terjadi pembantaian terhadap warga di kecamatan Mesuji, Sumatera Selatan dan Kabupaten Mesuji di Lampung, pasti menimbulkan kegoncangan. "Kok peristiwa tersebut tidak menimbulkan kehebohan di Lampung sendiri, tapi terkejut dan heboh ketika dibuka di Jakarta,"


analisis : ketua komisi pertahanan DPR seharusnya lebih teliti dalam menangani kasus ini, tidak hanya mendengar isu dan berpendapat janggal saja, bpk Tubagus harus mengambil tindakan.

http://cytrahyzie.blogspot.com/2014/01/tugas-9-fraud-acconting.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar