Jumat, 13 April 2012

tugas-4

1) Kemukakan pendapat saudara mengenai pembiayaan sektor mikro dan pembiayaan corporate !
a) Pembiayaan Mikro adalah pembiayaan yang diberikan kepada pengusaha mikro.
Tujuan produk pembiayaan ini dijalankan karena ada 3 hal yaitu :

1. Meningkatkan akses usaha mikro yang ada di masyarakat terhadap pelayanan pembiayaan di Lembaga Keuangan (LK) Pelaksana .

2. Lembaga Keuangan (LK) Pelaksana sebagai agen pembangunan di daerah dapat melaksanakan fungsinya sehingga dapat mendukung peningkatan dan perkembangan usaha di sektor pertanian untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

3. Fleksibilitas pembiayaan syariah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.
b) Pembiayaan Corporate didefinisikan sebagai seperangkat peraturan yang mengatur hubungan antara pemegang saham, pengurus (pengelola) perusahaan, pihak kreditur, pemerintah, karyawan serta para pemegang keppentingan intern dan ekstern lainnya yang berkaitan dengan hak-hak dan kewajiban mereka atau dengan kata lain suatu system yang mengatur dan mengendalikan perusahaan.

Tujuan Corporate menurut FCGI (2002) ialah untuk menciptakan nilai tambah bagi semua pihak yang berkepentingan (shareholders). Selain tujuan tersebut terdapat juga tujuan lainnya yaitu :


a. Pemenuhan tujuan strategis perusahaan berupa peningkatan nilai saham dan value perusahaan.
b. Pemenuhan tanggung jawab kepada stakeholders khususnya komunitas setempat.
c. Dipatuhinya kerangka yurudis yang ada
Pembiayaan Corporate merupakan system yang mengatur dan mengendalikan perusahaan untuk menciptakan nilai tambah (value added) bagi semua stakeholders yang menekankan pentingnya hak pemegang saham untuk memperoleh informasi dengan benar, akurat, tepat waktu dan transparan mengenai semua informasi kinerja perusahaan, kepemilikan, dan stakeholder (YPMMI & SC, 2002).

2) Manakah dari kedua pembiayaan tersebut yang lebih menguntungkan ? jelaskan !
Menurut saya Pembiayaan sektor Mikro lah yang lebih menguntungkan karena untuk saat ini pergolakan Usaha di Indonesia masyarakatnya dominan terhadap pelaku usaha mikro. Bahkan Perhatian dunia perbankan pada pembiayaan usaha mikro semakin meningkat. Hal ini disebabkan bisnis di sektor mikro kecil dan menengah cukup potensial untuk digarap. Ini tentu menjadi angin segar bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang membutuhkan modal usaha maupun modal kerja bagi bisnisnya. untuk melindungi usaha kecil dan menengah, karena mayoritas bisnis di Negara kita ini di dominasi oleh usaha-usaha menengah ke atas. Kebijakan ini berguna untuk mencegah usaha kecil tersingkir dan tidak mempunyai lahan atau wilayah berusaha. Padahal justru usaha kecil ini yang perlu dikembangkan sehingga bisa menjadi lebih besar dan mempunnyai daya saing.

3) Apa tantangan dari kedua pembiayaan tersebut?
Tantangan Pembiayaan Sektor Mikro :
• Keterbatasan sumber dana untuk jangka panjang
• Kerugian apabila usaha kecil yang diberikan dana tidak terlihat performace nya,dan
• Apabila pembiayaan nya tidak mengenali karakteristik dari sektor pasar.
• Capacity building sektor UMKM yang merupakan pra-syarat sering diabaikan

Tantangan Pembiayaan Corporate :

• Risiko perusahaan dalam memenuhi kewajiban pembayaran bunga dan pokok utang.
• Pembentukannya membutuhkan biaya yang cukup tinggi.
• Kepemilikannya yang dapat berpindah-pndah secara mudah.


http://islamicmicrofinance.blogspot.com/2010/04/skim-pembiayaan-mikro-pertanian-syariah.html?zx=ef1187b3492da55

http://digilib.petra.ac.id/viewer.php?submit.x=21&submit.y=23&page=2&qual=high&submitval=prev&fname=%2Fjiunkpe%2Fs1%2Feakt%2F2009%2Fjiunkpe-ns-s1-2009-32404096-11980-gcg_effect-chapter2.pdf

http://adamfirdaus46.wordpress.com/

http://ipahfauziah.blogspot.com/2012/04/tugas-4.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar